Friday, November 30, 2007

Sie Acara di balik Seminar Nasional di VEDC

29 November 2007 kemarin Malang kebanjiran pakar IT. di VEDC MALANG hadir kang DR. Onno W. Purbo dengan Wajan Bolicnya, Aries Syufagi mengusung Game Technologi, dari Bandung Kang Agus Heri bahas Blogger, sementara Pak Wahyu Purnomo menampilkan content pembelajaran dan Toha Mustofa dengan materi Memanfaatkan Google Apps.

Seminar Nasional dengan tema "Menuju Sekolah Berbasis ICT", juga kebanjiran jumlah peserta, seluruh kapasitas kursi penuh, bahkan ada beberapa kawan yang pingin hadir namun keburu pendaftaran ditutup. Peserta yang hadir tidak hanya dari Kota Malang, peserta datang dari Blitar, Sidoarjo dan Kota-Kota di Jatim, dari kawasan Madura, Kalimantan, Papua, Aceh Darusaalam. Begitu antusiasnya, mereka yang dari Luar Pulau Jawa, tiba di Malang satu hari sebelum acara Seminar.

Dalam Seminar ini aku kebagian tugas sebagai sie acara, menyiapkan skenario acara seminar mulai persiapan, seremonial pembukaan, seminarnya sendiri, hingga pembagian door price.
Mulanya bangga dapat kesempatan terlibat dalam kepanitiaan, apalagi level Nasional, maklum .... selama ini aku sering ikutan kepanitiaan hanya selevel RW maupun tingkat sekolah saja.

Satu hari menjelang, tiba-tiba kebanggaan itu berubah menjadi beban. Kekhawatiran mulai terasa, H-1 rencana gladi bersih gagal, sound sistem belum bisa dicoba, LCD Projector belum nongol, pikirku besok pagi pasti berantakan, nabyak-nabyak.

Tambah lagi, konfirmasi kedatangan para pejabat Depdiknas Jakarta yang terus berubah dari jam ke jam, membuat kerepotan menyusun skenarionya. Siapa yang akan membuka acara belum bisa dipastikan. Ini berlangsung sampai pagi mejelang acara dimulai.

Pagi jam 7 paserta sudah mulai berdatangan masuk di AULA VEDC, sementara LCD Projector masih belum selesai di set, uji coba hidupkan lagu Indonesia Raya dengan laptop ku gak bunyi di sound sistem, padahal tadi malam gak apa-apa. Animasi Merah putih berkibar dicoba juga gak nyampai di layar. Wah tambah kemringet.

Bebarapa kawan turun tangan, lagu sudah ok, merah putih mau berkibar, Sound OK, Kepala VEDC Malang sudah tiba di Kursi VIP. Ketua Panitia Pak Wahyu Purnomo, mendekat dan memberi tahu ke sie acara bahwa yang akan membuka seminar adalah Bpk Kepala P4TK/VEDC Malang. Acara siap dimulai, saya kode ke MC (Ailila Yuniati dan Eko Rudianto) untuk mulai acara.
baca juga : di

No comments: