Wednesday, March 28, 2007

Kuliah Umum Java Programming

Sumber : Malangjc.org , Malang, 24 Maret 2007

Frans Thamura, pendiri Java User Group Indonesia, Java Champions pertama di Indonesia, sebuah posisi bergengsi untuk seseorang yang gerakannya sudah diakui dunia, CEO dari beberapa perusahaan IT –diantaranya Intercitra, selama 3 hari diundang VEDC Malang. Beliau saat ini khusus melayani pendanaan gerakan Open Source berbasis Java untuk berbagai industri terutama manufacturing, pemerintahan dan pendidikan, pendiri BlueOxygen, pusat pengembangan proyek open Source berbasis Java.
Hari Sabtu 24 Maret kemarin, beliau hadir di Malang Joint Campus, melihat studio JENI sekaligus melihat peluang pengembangan Java di MJC. Hasil diskusi dan melihat potensi yang ada, beliau optimis MJC bisa menjadi pusat untuk desiminasi dan test center Java (utamanya JENI) dan juga menghasilkan produk software berbasis JAVA. Untuk mewujudkan ini, bisa diawali dengan Tim VEDC yang dikomandani P’Eko Subiyantoro dan Cahya Ratih, bersama-sama mahasiswa VEDC lainnya menjalankan studio JENI serta menjadikan software house JAVA disana.
Pada kesempatan tersebut, Frans Thamura juga memberi kuliah umum tentang “Java & Opensource” kepada mahasiswa Malang Joint Campus. Hampir 2 jam beliau memberi kuliah, menjelaskan apa itu Java, bagaimana saat ini dalam percaturan software dunia dan trend kedepan. Di akhir kuliah umum, beliau juga sempat mendemokan bagaimana pemrograman Java menggunakan Eclipse.


Beberapa pertanyaan disampaikan oleh peserta kuliah, diantaranya tentang mengapa diberi nama Java? Dari mana mulai belajar Java? Apakah sulit? Apa bedanya dengan software programming lain? Apa saja software2 yang dibuat dengan Java Programming. Pertanyaan tersebut dijawab dengan tuntas oleh Pak Frans, beliau juga menyampaiakn sebentar lagi dilaunching modul untuk belajar Java yaitu JENI dan akan ada test center-nya. Bagi yang tertarik lebih dalam belajar java, bisa ikut mailing list jeni-diknas@yahoogroups.com dengan mengirim email ke jeni-diknas-subscribe@yahoogroups.com.
Materi presentasi Frans Thamura dapat di download di
http://groups.yahoo.com/group/d3tkj-mjc/files/
Supporting dari Pak Frans adalah software house di MJC, dijadikan Intercitra ke-2 bagi mahasiswa BA Malang yang akan Kuliah Kerja Insuatri di Intercitra Jakarta. Bagi mahasiswa yang tidak ingin ke Jakarta, akan bekerja di studi JENI tersebut, yang nantinya langsung dikontrol Pak Frans dari Jakarta. Jadi kunci ke-2 adalah akses internet dengan bandwidth besar dan terjamin di Buring.

No comments: